makutho-logo

Pusat Oleh-Oleh Makutho Solo

Search
Close this search box.

2 Nama Kota Bengawan

Bagikan

Tulisan ini akan membahas sejarah mengapa Kota Solo dikenal dengan dua nama, yaitu Solo dan Surakarta. Kota Solo merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini memiliki sejarah panjang dan kaya, yang membuatnya menjadi salah satu kota budaya yang penting di Indonesia.

Sejarah Kota Solo dapat ditelusuri dari masa Kerajaan Mataram, yang berkuasa pada abad ke-8 hingga abad ke-10. Pada masa itu, wilayah yang sekarang dikenal sebagai Kota Solo masih merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno. Pada abad ke-16, wilayah ini menjadi pusat kekuasaan dari Kesultanan Mataram yang kemudian dibagi menjadi dua wilayah, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kadipaten Mangkunegaran.

Pembagian wilayah tersebut menyebabkan munculnya dua kota yang terpisah, yaitu Solo dan Surakarta. Meskipun demikian, keduanya masih dianggap sebagai satu kesatuan budaya dan sejarah. Bahkan, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang menggunakan kedua nama tersebut secara bergantian.

Dalam sejarahnya, Kota Solo pernah menjadi pusat perjuangan kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Kota ini juga menjadi pusat budaya dan seni, terutama dalam bidang batik dan gamelan.

Demikianlah sejarah mengapa Kota Solo bisa memiliki dua nama, yaitu Solo dan Surakarta. Meskipun demikian, keduanya tetap menjadi satu kesatuan budaya dan sejarah yang kaya, yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo.

Latest article

Discount up to 30% for first purchase

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor
makutho-logo

Pusat Oleh-Oleh Makutho Solo